Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang | jika kita seorang pembeli, pasti mengharapkan barang bermutu dengan harga murah bukan?
Nah, tapi keinginan kita itu pasti berlawanan dengan keinginan penjual. Ya tentu, karena setiap penjual pasti selalu berusaha untuk menjual barang dengan harga tinggi dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Lalu jika ada dua keinginan begini apakah tetap bisa terjadi jual beli? Pada kenyataanya masih bisa terjadi jual beli dengan syarat telah mencapai harga keseimbangan.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan
Permintaan (demand) adalah jumlah barang atau jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga dan faktor lainnya diasumsikan tetap (cateris paribus).
Namun, disamping harga barang sendiri ada faktor lain yang bisa mempengaruhi tingkat permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa, apa sajakah itu? Faktor lain itu seperti, pendapatan konsumen, ekspektasi, selera, harga barang lain dan ukuran pasar.
1. Tingkat Pendapatan Konsumen
Faktor ini merupakan faktor yang bisa dianggap paling menentukan permintaan konsumen atas barang atau jasa yang ingin dibelinya.
Jadi, seseorang yang meningkat pendapatannya tentu cenderung akan membeli barang lebih banyak, sedangkan bagi konsumen yang menurun pendapatannya tentu akan mengurangi barang yang dimintanya.
Tahukah Kamu ?
Ada permintaan barang khusus yang tidak berlaku meskipun terjadi perubahan pendapatan konsumen. Maksudnya jika pendapatan naik, konsumen justru mengurangi permintaan terhadap barang tersebut. Barang tersebut adalah barang inferior.
Apa contohnya? Pernahkah kita melihat barang imitasi? Konsumen akan mengurangi pembelian barang ini karena barang tersebut biasanya mudah rusak atau berkualitas rendah.
2. Harga Barang Lain yang Berhubungan
Meningkatnya harga barang subtitusi atau barang yang saling menggantikan mengakibatkan permintaan barang tertentu akan meningkat. Di sisi lain, jika harga barang subtitusi menurun permintaannya juga relatif akan menurun.
Contoh barang subtitusi seperti kopi dengan teh. Apabila harga kopi naik, permintaan teh akan meningkat karena faktor harga yang lebih murah dibandingkan kopi.
Nah untuk barang komplementer atau barang yang saling melengkapi. Contohnya kopi dengan gula pasir, kenaikan gula pasir akan menurunkan permintaan kopi menurun.
3. Jumlah Penduduk
Tingkat Permintaan barang atau jasa pada wilayah yang padat jumlah penduduknya akan lebih tinggi dibandingkan wilayah yang mempunyai jumlah penduduk yang sedikit.
4. Selera Konsumen
Apabila konsumen lebih terarik kepada jenis telepon seluler dengan merek tertentu maka permintaan telpon tersebut akan meningkat dan lebih tinggi dibandingkan merek lainnya.
5. Harapan atau Ekspektasi Masyarakat
Misalnya, pemerintah dalam hal ini menaikkah harga BBM, masyarakat kebanyakan tentuakan meningkatkan permintaan BBM tersebut, dan bahkan ada yang menimbun dikarenakan ekspektasi kedepan bahwa harga BBM kemungkinan akan naik lagi.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Penawaran (supply) diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen di berbagai tingkat harga dan faktor lainnya yang diasumsikan tetap (ceteris paribus). Faktor lain yang bisa mempengaruhi penawaran selain harga barang itu sendiri adalah harga input, ekspektasi produsen dan teknologi.
1. Biaya Produksi
Perusahaan yang mengeluarkan biaya produksi untuk menghasilkan barang lebih rendah dibandingkan harga pasar akan mendapatkan keuntungan dengan jalan menawakan barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar.
Di sisi lain, jika biaya produksi relatif lebih tinggi dibandingkan harga pasar, tentu perusahaan akan memproduksi dalam jumlah yang lebih kecil. Jadi kesimpulannya, biaya produksi menjadi kunci utama dalam memepengaruhi tingkat penawaran.
2. Teknologi
Kemajuan teknologi hampir selalu bermakna bahwa jumlah input (faktor produksi) yang dibutuhkan lebih sedikit. Rendahnya biaya input akan dioptimalkan produsen dengan meningkatkan output sehingga meningkatkan laba yang diperoleh.
Kesimpulannya adalah teknologi (mesin-mesin otomatis) dapat menekan biaya produksi dengan demikian akan meningkatkan penawaran.
3. Ekspektasi/Harapan Produsen
Misalnya, para petani yang memperkitakan harga beras pada akhir tahun ini akan turun, maka petani akan mengurangi produksi sehingga akan mengurangi penawaran. Perubahan terhadap faktor yang menentukan penawaran akan mempengaruhi kurva permintaan.
Dampaknya kurva penawaran akan bergeser ke bawah dan begitupun sebaliknya.
0 komentar:
Posting Komentar