Kamis, 01 Februari 2018

Harga Keseimbangan / Harga Pasar

Hasil gambar untuk harga pasar
1. PENGERTIAN HARGA KESEIMBANGAN

Harga Keseimbangan (Harga Pasar) merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi permintaan dan penawaran terjadi di pasar, maka harga keseimbangan disebut harga pasar. Kecenderungan pembeli ialah menginginkan harga murah dengan kualitas barang yang bagus, sedangkan penjual mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan banyak. Kecenderungan berlawanan ini tidak akan menghasilkan transaksi jika tidak ada kesepakatan harga.Kesepakatan harga pasar terbentuk melalui tawar menawar antara pembeli dan penjual. Hasil tawar menawar antara pembeli dengan penjual dinamakan harga pasar, dalam ilmu ekonomi disebut harga keseimbangan atau equilibrium.
Pada dasarnya proses terbentuknya harga terjadi ketika tercapainya tingkat keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Dapat dikatakan bahwa harga keseimbangan atau harga pasar (equilibrium price) adalah harga yang terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Bila ditunjukkan dalam bentuk kurva, maka harga keseimbangan merupakan perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. Dalam harga keseimbangan berlaku hukum permintaan dan penawaran yang berbunyi bila jumlah permintaan lebih besar dari pada jumlah penawaran, maka harga akan naik, sedangkan jika jumlah penawaran lebih besar dari jumlag permintaan, maka harga akan turun.


2. PROSES TERBENTUKNYA HARGA KESEIMBANGAN PASAR
Proses terbentuknya harga keseimbangan berawal dari adanya interaksiantara pembeli (permintaan) dan penjual (penawaran) yang dilakukan secara wajar. Interaksi antara permintaan dan penawaran sangat dipengaruhi olehhukum permintaan dan penawaran karena hal berikut:
  • Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan cenderung akan bertambah apabila harga berangsur turun.
  • Hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran cenderung akan bertambah jika harga berangsur naik
  • Harga pasar akan tercapai setelah melalui serangkaian proses tawar – menawar antara penjual dan pembeli.
  • Apabila harga barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual dirasa terlalu tinggi oleh pembeli maka barang dan jasa tersebut tidak dapat terjual.
  • Istilah Surplus dikenal dengan pengertian suatu keadaaan dimana terjadi kelebihan penawaran.
  • Istilah Shortage dikenal dengan pengertian suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan
  • Prinsip Ceteris Paribus berlaku dalam hal ini, yaitu Harga merupakan satu – satunya faktor yang menentukan permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual.
Faktor – Faktor yang mempengaruhi harga pasar :
  1. Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.
  2. Tinggi rendahnya biaya produksi.
  3. Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
  4. Produsen mengetahui selera konsumen.
  5. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen Tetap atau berkurang.
Peranan Harga pasar dalam perekonomian :
  1. Menunjukan perubahan kebutuhan masyarakat.
  2. Membantu menentukan penawaran.
  3. Menggerakkan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan
Fungsi harga pasar adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan jenis barang yang akan diproduksi.
  2. Menentukan pembagian hasil produksi diantara para konsumen.
  3. Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam proses produksi.


0 komentar:

Posting Komentar