Rabu, 26 Oktober 2016

Danau Terdalam Se Asia Tenggara

APAKAH SUDAH TAU KALAU INONESIA MEMILIKI DANAU TERDALAM SE KAWASAN ASIA TENGGARA
YA... Danau Matano. Air di danau matano ini benar benar bening. Saking jernihnya kita bisa melihat dasar danau hingga kedalaman 20 meter para pemyelam bawah air Danau Matano menyajikan petualangan yang sangat menarik. Di dalamnya terdapat sejumlah gua yang bisa kita telusuri. Didalam gua terdapat banyak benda peninggalan masa lampau seperti tombak, parang, mangkuk, dan piring berumur ratusan tahun.
Mengetahui lebih dalam lagi memgenai Danau Matano adalah sebuah danau tektonik dengan ukuran panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur.

Danau Matano juga menjadi rumah bagi sejumlah fauna eksotis. Seperti ikan purba butini (Glossogobius matanensis), kepiting bungka (Paratelphusa), dan keong air tawar (Brotia). Selama berkeliling mata kitaakan melihat keindahan pemandangan Pegunungan Verbeek yang hijau serta aneka pohon dengan akar menjuntai ke dasar danau.
Burung endemik Matano yang terbang rendah di atas danau seperti cabai panggul kelabu yang berukuran sangat mini dan julang sulawesi juga akan menemani perjalanan kita. Airnya yang jernih akan terlihat batu karang berwarna krem dan putih. Sekelompok ikan kecil berwarna kuning khas Matano, opudi, berenang tampak indah.
Danau Matano berarti ‘mata air’. Sebab, danau ini terbentuk dari ribuan mata air yang muncul akibat gerakan tektonik (lipatan dan patahan kerak bumi) yang terjadi di sekitar daerah litosfir. Butuh sekitar 4 juta tahun agar patahan dan lipatan kerak bumi ini terisi air dan akhirnya menjadi sebuah danau.Tinggi permukaan air danau adalah 385 meter di atas permukaan laut. Berarti, dasar Danau Matano ini berada kurang dari 200 meter di bawah permukaan laut.
Menurut beberapa penelitian, danau yang terjadi akibat bentukan alam yang ada di Sorowako ini, termasuk danau langka di dunia. Danau sejenis di dunia hanya Danau Laut Mati di Lembah Jordan, Mesir dan Death Balley, Amerika Serikat.Selain karena terbentuk dari peristiwa alam yang langka dan kedalamannya.
KEUNIKAN Danau Matano lainnya adalah
1. Danau ini bersifat isothermal, artinya suhu air di permukaan dan suhu air di dasar danau itu berbeda kurang dari dua derajat Celcius.
2. Di dekat Desa Matano yang terletak di sekitar danau ini, terdapat mata air yang mucul dari dasar danau.
3.Di kedalaman 200-300 meter terdapat kolam ikan dengan indikasi aliran gravitasi di dasar danau.
4. Di danau ini pun terdapat flora dan fauna yang endemik di Sorowako, artinya tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.
Pakar ekologi telah merekomendasikan Danau Matano menjadi salah satu world heritage dan biodiversity hotspot yang harus dijaga kelestariannya.

0 komentar:

Posting Komentar