Minggu, 27 Agustus 2017

Garis Wallace, Webber, dan Lydekker

Ketika jaman es, permukaan air tidak setinggi sekarang. Hal itu menyebabkan Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan merupakan bagian dari benua Asia, sedangkan Pulau Papua merupakan bagian dari benua Australia. Lihatlah gambar-gambar di bawah ini untuk melihat perbedaan antara jaman es dan jaman sekarang.

Peta Dunia pada jaman es berwarna coklat

Warna abu-abu merupakan keadaan ketika jaman es sedangkan warna putih merupakan keadaan sekarang.

Jika kalian amati baik-baik pada gambar kedua, Pulau Sulawesi, Lombok, NTT dan pulau-pulau pecahan lain tidak ada pada jaman es. Bagian itulah yang disebut sebagai Wallacea.


Alfred Russel Wallace (8 Januari 1823 – 7 November 1913) adalah seorang naturalist ( ahli flora dan fauna), explorer, geographer, anthropologist dan biologist.Antara tahun 1854-1862, Wallace menjelajahi Malaysia dan Indonesia. Pada tahun tersebut, ia menemukan garis Wallace setelah ia menyadari adanya perbedaan antara fauna bagian barat dan timur. Selain menemukan garis Wallace, ia juga dikenal sebagai orang yang membantu Charles Darwin untuk mencetuskan teorinya.

Garis Weber dicetuskan oleh Max Carl Wilhelm Weber (5 Desember 1852 – 7 Februari 1937) atau juga dikenal sebagai Max Wilhelm Carl Weber. Ia merupakan orang asal Jerman yang berprofesi sebagai zoologist (ahli ilmu hewan) danbiogeographer (orang yang ahli dibidang biogeografi).

Richard Lydekker (25 Juli 1849 – 16 April 1915) adalah seorang naturalist (ahli flora dan fauna), geologiwan (ahli geologi), dan penulis buku ilmu pengetahuan alam yang lahir di kota London, (Inggris). Pada tahun 1895, ia menggambarkan garis pemisah biogeografi Australialis yang berada di bagian barat Indonesia dan Asialis yang berada di bagian kiri Indonesia.

Garis Wallace sering juga disebut sebagai Garis Wallace-Weber di luar negeri, garis imajiner yang memisahkan Daratan Indonesia Barat dengan daerah Wallacea (Indonesia Tengah). Tetapi, di Indonesia kita mendapati bahwa Garis Wallace dan Garis Weber itu dibedakan. Sehingga Garis Wallace bisa juga berarti garis imajiner yang memisahkan Daratan Indonesia Barat dengan daerah Wallacea. Kemudian Garis Weber, sama seperti Garis Lydekker tetapi hanya beda dalam pembatasannya, adalah garis imajiner yang memisahkan daerah Wallacea dengan daerah Indonesia Timur.
Garis Lydekker adalah garis imajiner yang memisahkan daerah Wallacea dengan daerah Indonesia Timur.

Garis imajiner yang sering dipakai untuk memisahkan zona di Indonesia adalah garis Wallace dan Garis Weber. Karena itu, tidak banyak informasi tentang garis Lydekker yang bisa ditemui di website Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar