Jumat, 18 Agustus 2017

Komposisi Penduduk

Pengertian Komposisi Penduduk
Komposisi penduduk adalah susunan atau pengelompokkan penduduk menurut ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut meliputi umur dan jenis kelamin, tingkat pendidikan, agama, mata pencaharian, dan tempat tinggal.
Macam-macam Komposisi Penduduk
Adapun macam-macam komposisi penduduk, antara lain sebagai berikut:
1) Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin
Komposisi penduduk biasanya dikelompokkan dengan jarak masing-masing 4 tahun, misalnya: 0 - 4 tahun, 5 - 9 tahun, 10 - 14 tahun, dan seterusnya. Sedangkan, jenis kelamin dikelompokkan atas laki-laki dan perempuan.
Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dapat ditampilkan dalam bentuk piramida yang disebut piramida penduduk.
Piramida penduduk dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
Bentuk limas, menunjukkan jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari usia dewasa, jumlah penduduk bertambah dengan cepat.Bentuk granat, menunjukkan jumlah penduduk usia muda hampir sama dengan usia dewasa. Pertambahan penduduknya kecil sekali.Bentuk batu nisan, menunjukkan jumlah penduduk usia muda lebih sedikit dibandingkan dengan usia dewasa, jumlah penduduk mengalami penurunan.

Gambar: Piramida Penduduk Indonesia

2) Susunan penduduk menurut tempat tinggal
Tempat tinggal penduduk, kota dan desa juga dapat digunakan untuk mengelompokkan penduduk. Komposisi penduduk menurut tempat tinggal dapat dijadikan bahan perencanaan bidang pembangunan, antara lain dalam hal:
pengembangan kotapembangunan perumahan di kotapenyediaan lapangan kerjapenyediaan air minumlalulintaskebersihan
3) Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan
Penduduk suatu wilayah dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat pendidikan, yaitu kelompok belum sekolah, tidak sekolah, tamat SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar