Selasa, 21 Februari 2017

Jenis-Jenis Laut Berdasarkan Letak dan Kedalamannya

Laut Indonesia sangat luar biasa baik ukuran maupun kandungannya. Berbagai postensi laut Indonesia sudah termashyur hingga seantero dunia baik potensi ikan maupun potensi keindahannya. Indonesia ini dapat kita ibaratkan sebagai dunia air, mulai dari sungai, danau dan laut mengelilingi daratan kita seperti akuarium saja dengan pulau-pulau sebagai ikannya.

Luas laut indonesia kurang lebih 5,6 juta km persegi, dengan garis pantai 81.000 km. Gimana hebat kan negeri ini punya laut seluas itu...sayangnya pemanfaatan sumberdaya air ini kurang maksimal sehingga belum memberi sumbangsih kemakmuran yang signifikan. Dan sayangnya juga karena luasnya yang luar biasa kita belum mampu menjaganya dengan baik karena masih saja dapat diterobos maling-maling ikan dari luar negeri dan yang lebih miris kita dengar dari berita-berita perbatasan laut kita dipergunakan main-main oleh negeri sebrang yang terkenal dengan Upin Ipinnya.

Jenis laut berdasarkan letaknya adalah sebagai berikut :

Hasil gambar untuk laut berdasarkan letak
Laut berdasarkan letaknya

1. Laut Pedalaman
Pengertian laut pedalaman adalah laut yang terletak dan berposisi ditengah-tengah benua. Laut Kaspia adalah contohnya dan laut Kaspia ini juga masuk dalam kategori danau terbesar didunia.
2. Laut Tengah
Pengertian laut tengah adalah laut yang terletak dan berposisi diantara beberapa benua. Laut Mediteran adalah contoh dari laut tengah ini.
3. Laut Tepi
Pengertian laut tepi adalah laut yang terletak dan berposisi di tepi benua. Laut Cina Selatan adalah contoh dari laut tepi ini.

Jenis laut berdasarkan kedalaman lautnya adalah sebagai berikut :

Hasil gambar untuk zona laut menurut letak dan kedalamannya
Jenis laut berdasarkan kedalaman
1. Zona Lithoral
Pengertian zona lithoral zona terjadinya pasang dan surut. Jenis laut zona lithoral ini memiliki radius area pasang dan area surut.
2. Zona Neritik
Pengertian zona neritik adalah zona laut yang memiliki kedalaman dangkal kurang dari 200 meter. Zona neritik ini adalah zona indah primadona dengan aneka ragam terumbu karang sekaligus tempat bekumpulnya ikan-ikan.
3. Zona Batial
Pengertian zona batial adalah zona laut yang memiliki kedalaman lebih dari 200 meter sampai 2.000 meter atau 2 km. Laut jenis ini bisa dibilang sebagai laut dalam. Ikan-ikan besar biasanya berdiam di zona ini.
4. Zona Abisal
Pengertian zona abisal adalah zona laut yang memiliki kedalaman lebih dari 2000 meter. Di zona inilah dulu pesawat Adam Air hilang tidak dapat diketemukan meskipun dengan peralatan yang canggih.

Demikianlah penjelasan saya tentang Jenis-Jenis Laut Berdasarkan Letak dan Kedalamannya...Semoga bermanfaat...Terima kasih. IPS ....... Memang Asyik......



0 komentar:

Posting Komentar