Minggu, 23 April 2017

12 Foto Bewarna Perang Dunia II, Yang Akan Membuat Kamu Kembali Mempelajari Sejarah

Menurut wikipedia, perang dunia ke 2 (PD II), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia. Dikabarkan perang kala itu memakan korban hingga 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II adalah konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia. Betapa mengerikannya perang dunia 2. Untuk mengenang kejadian tersebut, sebuah museum  bernama Imperial War Museum menerbitkan foto-foto perang dunia ke 2 bewarna untuk pertama kalinya. Koleksi langka itu didapatkan dari fotografer resmi, agen berita, ataupun freelancer kala itu. Simak beberapa foto bewarna dalam kejadian perang dunia ke 2.

1. Seorang pilot pesawat tempur bernama James ‘Johnnie’ Johnson dan hewan peliharaannya di Normandia, Perancis pada July 1944.

Image: theguardian.com

2.  Para wanita sedang beraktivitas membuat peluru dan amunisi perang lainnya di pabrik bawah tanah Wirral, Merseyside, Inggris pada tahun 1945.

Image: theguardian.com

3.  Senjata meriam 5,5 inch dipersiapkan untuk perang. Foto itu diambil pada September 1943.

Image: theguardian.com

4.  Jendral Sir Bernard Montgomery menjelaskan secara rinci strategi sekutunya kepada Raja George VI. Foto itu diambil disebuah pangkalan militer di Belanda pada Oktober 1944.

Image: theguardian.com

5.  Tak hanya lelaki, para wanita yang terdaftar dalam angkatan darat juga ikut andil dalam perang ini. Terlihat 2 orang wanita sedang kompak menggergaji pohon.

Image: theguardian.com

6.  Pekerja lokal yang ikut membantu mengganti mesin kapal perang Lockheed Hudson disebuah kota kecil Yundum, Gambia April 1943.

Image: theguardian.com

7.  Anak-anak sedang bermain dengan gembira diatas kendaraan perang Sherman tank. Foto itu diambil sekitar bulan Augustus tahun 1943.

Image: theguardian.com

8. Letnan Vernon R Richards dari kelompok tempur Amerika Serikat terbang dengan pesawat P-51D Mustang. Dia melakukan misi pengeboman pada tahun 1944.

Image: theguardian.com

9.  Pasukan yang terdiri dari para wanita Auxiliary Territorial Service (ATS), sedang bekerja membantu dalam persiapan perang.

Image: theguardian.com

10. Pesawat pengebom Lancaster tampaknya hampir selesai dibuat di sebuah pabrik perakitan Avro's di Woodford dekat Manchester, Inggris pada tahun 1943.

Image: theguardian.com

11. Kapal perang pasukan Jerman Admiral Hipper tampak ditinggal begitu saja dipelabuhan Kiel di Jerman. Foto tersebut diambil sekitar Mei 1945.

Image: theguardian.com

12.  Kerumunan masyarkat merayakan kemenangan, setelah pihak Nazi Jerman menyerah tanpa syarat kepada sekutu 8 Mei 1945. Hari itu lebih dikenal VE-Day. Dengan demikian perang dunia ke 2 telah berakhir.

Image: theguardian.com

Perang dunia ke 2 memang telah usai. Namun, bukan berarti kita harus melupakannya. Seharusnya kita harus mengenang dan belajar dari kejadian tersebut. Dimana perang sangatlah merugikan banyak pihak.


SUMBER:
https://www.theguardian.com/world/gallery/2017/apr/19/the-second-world-war-in-colour-in-pictures

0 komentar:

Posting Komentar